CBT (Character Building Training)



CBT (Charakter Building Training) merupakan salah satu pelatihan pembentukan karakter. Di SMA Sedes Sapientiae Jambu, setiap tahunnya mengadakan kegiatan CBT dalam rangka membangun karakter siswa-siswinya khususnya bagi kelas X. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara kepribadian anak didik diusia remaja di tengah pertumbuhan global yang semakin sulit terkendali. Siswa SMA Sedes Sapientiae Jambu sudah seharusnya tumbuh menjadi tunas-tunas muda yang dapat memberi dampak bagi diri sendiri, keluarga, sekolah, dan masyarakat melalui pelayanan kasih dan tindakan nyata bagi sekelilingnya.

Pertumbuhan karekter ini tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dibentuk, ditumbuhkembangkan, dan dibangun dengan sengaja. Dengan demikian, melalui kegiatan CBT ini siswa-siswi kelas X akan dibentuk karakternya sesuai dengan visi sekolah itu sendiri. Yakni menjadi siswa yang berkarakter cerdas, unggul, dan bersaudara. Berkarakter cerdas berarti, kecerdasan tersebut bersifat holistik (utuh), yaitu kecerdasan: intelektual, emosional, sosial, dan spiritual secara padu. Berkarakter unggul berarti, pribadi yang memiliki integritas; profesional; mampu menggunakan tanggung jawab secara benar; mampu menggunakan kebebasan secara tepat; dan terlibat secara aktif dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan menggereja. Dan terakhir berkarakter bersaudara berarti, bersikap plural, inklusif, adil, demokratis, berbudaya, solider, dan berbelarasa yang merupakan spiritualitas St. Fransiskus Assisi.

Selain itu, melalui kegiatan CBT ini, siswa-siswi SMA Sedes Sapientiae Jambu dapat lebih mengenali dirinya. Siapa aku, bagaimana menghadapi masalah tanpa harus lari dari kenyataan, bagaimana cara menghargai orang lain dan perbedaan, nasionalis, tanggap (peka), dan mampu bersyukur. Sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang matang, kuat, dan siap menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang.



Back to Top