Live In

Apa sih live in itu? Live In merupakan kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan masyarakat yang berbeda (status sosial ekonomi budaya) dalam kehidupan nyata. Live in pada dasarnya memiliki manfaat sesuai dengan tujuan dilakukannya kegiatan. Misalnya saja meningkatkan kepekaan sosial, meningkatkan hardiness (ketahanan), resiliensi, membentuk karakter positif, ataupun sarana pendidikan multikulturalisme.

Dalam kegiatan live in di SMA Sedes Sapintiae Jambu ini, bertitik tolak dari situasi jaman yang makin berkembang ke arah yang lebih kompleks dan sulit, baik dilihat dari segi ekonomi maupun sosial yang menjadikan banyak orang hanyut ke dalam ketidaksadaran akan potensi diri, mudah jatuh stress, bertindak emosional, individualistis, dan cenderung egois. Bahkan di tengah situasi seperti saat ini anak seusia remaja pada umumnya dan para pelajar pada khususnya bisa menjadi korban sehingga dalam kehidupan keseharian memiliki pola hidup konsumtif, prilaku asusila, narkoba, dan lain-lain.

Selain itu disadari pula bahwa ternyata siswa dan siswi kurang memperoleh kesempatan untuk merenungkan, mengintepretasikan, mengaitkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai (sosiologis) yang telah dipelajari. Oleh karenanya melalui kegiatan live in, siswa-siswi secara langsung diajak untuk belajar hidup secara nyata bersama-sama dengan masyarakat dari lapisan yang sungguh berbeda keadaannya dengan lingkungan hidup mereka. Merefleksikan keadaan juga menjadi bagian kegiatan ini agar siswa lebih mendalami dan memperoleh inspirasi hidup untuk menjadi pribadi yang Cerdas, Unggul, dan Bersaudara (Smart Steady Fraternal), bukan menjadi manusia yang angkuh, egois, dan individualis.



Back to Top