Mempelajari Sejarah Hingga Ujung Pulau Jawa

Mempelajari Sejarah Hingga Ujung Pulau Jawa

Selasa, 20 Maret 2018 SMA Sedes Sapientiae Bedono terpilih untuk mewakilkan Kabupaten Semarang dalam lomba Lawatan Sejarah 2018 bersama SMK N 1 Bawen. 

Paskah Peduli Lingkungan

Paskah Peduli Lingkungan

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merayakan hari paskah, hari kartini, dan hari bumi, serta untuk melaksanakan simbolisasi pelepasan untuk kelas XII (angkatan XXVII).

Character Building Training

Character Building Training

Siswa-siswi kelas X SMA Sedes Sapientiae Bedono  yang berjumlah 129 orang mengikuti acara Character Building Training (CBT) yang dimulai pada hari Minggu, 8 April 2018. 

Sinau Urip

Sinau Urip

SMA Sedes Sapientiae Bedono kembali melaksanakan kegiatan tahunannya yaitu live in. live in adalah suatu kegiatan dimana para siswa tinggal bersama masyarakat desa dalam jangka waktu tertentu. 

1  ...  3  4  5  6  7  ... 70

Mempelajari Sejarah Hingga Ujung Pulau Jawa

09 May 2018

Mempelajari Sejarah Hingga Ujung Pulau Jawa
Selasa, 20 Maret 2018 SMA Sedes Sapientiae Bedono terpilih untuk mewakilkan Kabupaten Semarang dalam lomba Lawatan Sejarah 2018 bersama SMK N 1 Bawen. Lawatan Sejarah ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, yang dilaksanakan di hotel Meotel Purwokerto. SMA Sedes Sapientiae Bedono mengirimkan satu orang guru bernama  Ibu Yuliana Ratna Candra Dewi dan satu orang siswi bernama Alexandra Judith Althea (XI IPS 2), sementara dari SMK N 1 Bawen mengirimkan satu orang siswa bernama Sion Adi Putra. Tujuan diadakannya lawatan sejarah ini adalah agar para peserta semakin paham akan hakikat dari sejarah itu sendiri.
Untuk mengikuti lawatan sejarah di purwokerto setiap siswa harus mengumpulkan satu karya tulis ilmiah agar dapat ikut berpartisipasi. Pada kali ini Alexandra Judith selaku perwakilan SMA Sedes Bedono, menyusun karya tulis bersama guru pendamping, Yuliana Ratna Candra Dewi dengan judul “Perkembangan Lawang Sewu Sebagai Peninggalan Kolonial di Semarang Jawa Tengah”. Dalam kegiatan ini peserta diberikan tips dan trik metode penulisan ilmiah, dan pejelasan mengenai sejarah yang disampaikan oleh juri, dimana salah satu juri berasal dari Universitas Negeri Semarang. Pada malam harinya langsung diumumkan 27 orang yang lolos dan mewakili Provinsi Jawa Tengah dan dikirimkan ke Tuban, Jawa Timur.
SMA Sedes Sapientiae Bedono yang diwakilkan oleh Alexandra Judith Althea berhasil lolos pada lomba pertama, dan kemudian melanjutkan pada lomba kedua di Tuban pada tanggal 26 Maret 2018. Pada lomba kali ini peserta wajib untuk membuat karya tulis ilmiah lagi, dimana SMA Sedes Sapientiae Bedono dengan perwakilannya menyusun karya tuis yang berjudul “Keistimewaan  Aceh Sebagai  Pusat Penyebaran  Islam di  Nusantara”. Dalam lomba kali ini, para peserta dibekali berbagai materi oleh salah satu dosen dari UGM kemudian peserta mengikuti lomba debat, pergi ke berbagai objek wisata, yaitu  Klenteng Kwan Sing Bio, makam Sunan Bonang, makam Sunan Sendang Duwur, dll. Objek-objek  wisata kali ini dijadikan sebagai bahan presentasi. Dalam lomba ini, perwakilan SMA Sedes Sapientiae Bedono, yaitu Alexandra Judith Althea, mendapatkan peringkat ke-7 se-Jawa Tengah.

 



Back to Top