PERINGATAN BULAN BAHASA 2017 DI SMA SEDES SAPIENTIAE

PERINGATAN BULAN BAHASA 2017 DI SMA SEDES SAPIENTIAE

SMA Sedes Sapientiae Bedono juga turut ambil bagian dalam menyemarakkan bulan Bahasa tahun ini dengan mengadakan beberapa lomba di dalam lingkungan sekolah yang akan berlangsung sepanjang bulan Oktober. 

25 Tahun Berkarya di SMA Sedes Bedono

25 Tahun Berkarya di SMA Sedes Bedono

Sabtu, 28 Oktober 2017, merupakan salah satu hari yang bersejarah di SMA Sedes Sapientiae Bedono karena selain memperingati hari Sumpah Pemuda juga ada perayaan pesta perak,  25 tahun berkarya di SMA Sedes Sapientiae Bedono,  bagi Bapak G. Suwartono, Bapak FX. Purwanto, dan Ibu Lusia Markilah.

HOT Top Hari II

HOT Top Hari II

Minggu, 29 Oktober 2017 kegiatan Hari kedua kegiatan HOT (Hari Orang Tua) diawali dengan sarapan pagi di sekolah. Sambil sarapan, orang tua murid menikmati latihan tim musik dan paduan suara “SS Lauda”  dalam melakukan checksound untuk misa penutupan. Acara makan selesai pukul 08.00. WIB

HOT Top Hari I

HOT Top Hari I

SMA Sedes Sapientiae Bedono menyelenggarakan Hari Orang Tua (HOT) pada  Sabtu 28 Oktober 2017. HOT  merupakan kegiatan tahunan yang diadakan untuk menutup program 100 hari siswa-siswi kelas X asrama putra dan putri SMA Sedes Sapientiae Bedono. Tema kegiatan ini adalah “METAMORFOSIS”  yang artinya perubahan untuk menjadi lebih baik. Bertempat di aula sekola, dalam pertemuan ini  diharapkan  paras orang tua dapat melihat dan merasakan perubahan pada diriputra-putrinya setelah 100 hari ada dalam “penggodogan” kebiasaan-kebiasaan hidup harian. 

1  2  3  4  5  ...  61

PELANTIKAN AMBALAN

26 September 2017

PELANTIKAN AMBALAN
Pelantikan Ambalan merupakan acara tahunan Pramuka SMA Sedes Sapientiae Jambu. Acara ini ditujukan bagi siswa-siswi kelas X  tahun pelajaran 2017/2018. Dalam acara ini, terdapat beberapa kegiatan diantaranya kerja bakti, dinamika kelompok, perayaan ekaristi, pentas seni, long march, dan  upacara pelantikan. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu 9 September hingga 10 September 2017. Pada Sabtu siang sepulang sekolah  para siswa diberi waktu istirahat kurang lebih satu jam sebelum upacara pembukaan dimulai. Sebagai petugas upacara adalah anggota dari PANTI PRASESA  ( Pasukan Inti Pramuka Sedes Sapientiae ). 
Selepas  upacara, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti di Pasar Bedono.  Sekembalinya dari pasar, para siswa diberikan sedikit sesi dari salah satu Pembina Pramuka yaitu Kak Puji dengan materi tentang  sejarah pramuka . Kegiatan selanjutnya yaitu dinamika kelompok  yang diisi dengan bermain baris-berbaris dengan perintah terbalik yang didampingi oleh kakak PANTI dan BANTARA.
Setelah dinamika kelompok, acara dilanjutkan  dengan perayaan ekaristi, kemudian disambung dengan makan malam. Acara selanjutnya adalah kegiatan pentas seni. Dalam pentas seni, setiap sangga ( regu ) menunjukan kreativitas mereka misalnya ada yang menampilkan acapella, drama dll.   kegiatan hari Sabtu pun ditutup dengan renungan malam  sekitar pukul 20.30. Para siswa diberikan kesempatan untuk istirahat malam karena mereka akan dibangunkan  pada pukul 22.30 untuk kegiatan long march.
Perjalanan dimulai dari SMA Sedes Sapientiae menempuh jarak kurang lebih 17 km untuk menuju Air Terjun Sekar Langit, Grabag, Magelang.  Selama perjalanan ada 7 pos sebagai tempat rehat bagi para sangga yang dibagi dalam tujuh kelompok besar yang terdiri dari masing-masing satu perintis dan pelaksana dan didampingi oleh kakak PANTI dan BANTARA. Medan yang dilalui cukup bervariasi seperti tanjakan, turunan, jalan beraspal, jalan berbatu, dan sawah. Kelompok urutan terakhir pun sampai di Sekar Langit sekitar pukul 05.00. Selepas perjalanan panjang mereka pun diberikan waktu istirahat selama 1 setengah jam.  Mereka dibangunakan untuk melakukan senam singkat dan dilanjutkan dengan sarapan.
Mendekati puncak acara, para siswa harus melalui rintangan terakahir yaitu mereka diharuskan untuk mengambil  badge  lambang Ambalan sebagai tanda bahwa mereka telah resmi diterima di pangkalan Sedes Sapientiae. Namun dalam meraihnya, mereka harus melewati beberapa tantangan salah satunya mini games “ Mine Sweeper “  yang menuntut pemainnya untuk merangkak, namun ada istilah "bom" , dimana tidak boleh dilewati oleh pemain. setelah semuanya berhasil mendapatkan badge Ambalan, mereka diharuskan untuk menjahit lambang tersebut  di lengan sebelah kiri pada baju pramuka mereka.
Akhirnya  mereka pun siap untuk mengikuti upacara pelantikan. Upacara pelantikan ini ditandai dengan pengucapan Dasa Dharma dan Tri Satya. Selepas upacara mereka diberikan kesempatan untuk berswafoto sebelum diberi ucapan selamat dari kakak-kakak senior.
Sebelum kembali ke sekolah, mereka makan siang terlebih dahulu. Para rombongan pulang dengan menaiki truk. Kebetulan cuaca begitu cerah walau pada malam harinya sempat terjadi hujan singkat.  Semoga dengan dilantiknya para siswa kelas X dapat terus mengobarkan semangat Pramuka dimanapun mereka berada.
 
Penulis : Calvin Agung / XI sos 2
   Heber Van / XII sos 3


Back to Top