Expo Perguruan Tinggi: Menyiapkan diri ke Jenjang yang lebih tinggi

Expo Perguruan Tinggi: Menyiapkan diri ke Jenjang yang lebih tinggi EXPO Perguruan Tinggi telah menjadi kegiatan tahunan di sekolah kami. Dari tahun ke tahun, sekolah kami selalu mengundang Universitas-Universitas Swasta dari berbagai daerah untuk mengenalkan kepada siswa-siswi di SMA Sedes Bedono. Tidak hanya dari Jawa Tengah, tetapi juga Universitas yang ada di luar Jawa Tengah.

Sedes Cup 2023: Kilas Hari Pertama yang Penuh Semangat, Kemeriahan, dan Sportivitas

Sedes Cup 2023: Kilas Hari Pertama yang Penuh Semangat, Kemeriahan, dan Sportivitas Setelah sekian lama fakum, Sedes Cup di SMA Sedes Bedono kembali bergeliat. Seperti oase di tengah padang gurun Sedes Cup ini menjadi kesegaran akan warna baru di tengah keragaman yang ada di SMA Sedes Bedono ini.

HARI ORANGTUA (HOT) Angkatan Jeanne D’Arc dan Isidorus

HARI ORANGTUA (HOT) Angkatan Jeanne D’Arc dan Isidorus Tiga bulan lalu aku tak perlu khawatir, tiga bulan lalu aku tak perlu takut karena ada orang tuaku di sisihku. Namun, telah kurang lebih 100 hari ini aku sendiri, aku takut, dan aku telah berproses hidup jauh dari kedua orang tuaku. Aku ternyata hebat. Aku ternyata kuat, dan aku ternyata bisa. Tak terasa, selama 100 hari ini aku telah banyak belajar hal-hal baru. Sesuatu yang selama ini aku khawatirkan, aku takutkan telah sanggup aku lewati Bersama teman-temanku.

Misa 100 Hari Angkatan 30 Asrama SMA Sedes Bedono

Misa 100 Hari Angkatan 30 Asrama SMA Sedes Bedono 100 hari telah berlalu, hidupku telah berbeda. Aku harus berproses dan tidak tergantung pada orang tuaku. Aku harus berani berproses, Bersama teman-teman baruku aku tidak perlu takut. Mereka kini adalah keluargaku.

1  2  3  4  5  ...  104

BINUS OPEN HOUSE: Mengenal Universitas Binus Semarang

15 October 2023

BINUS OPEN HOUSE: Mengenal Universitas Binus Semarang

BEDONO (7/10). Pada hari Sabtu lalu, sebanyak 21 perwakilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dari berbagai sekolah di Kota Semarang mengunjungi Binus University Semarang. Di kesempatan ini, SMA Sedes Sapientiae Bedono juga diundang untuk mengikuti serangkaian acara open house dengan tema “REVOlutionizeU; Moving Towards industrial Revolution 4.0”. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat promosi Binus University serta mengikuti beberapa acara khusus seperti Workshop with Program Study, Cosplay Competition, Media Gathering, Performances, Seminar OSIS, dan lain sebagainya. Semua tamu undangan telah dikelompokkan untuk mengikuti beberapa acara tersebut. Lalu OSIS SMA Sedes Sapientiae Bedono berkesempatan mengikuti Seminar OSIS yang bertema “Leader and Team Work” bersama dengan Miss Melani. Seluruh rangkaian acara ini dimulai dari pukul 09.00-15.00, sehingga banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengenal dan belajar dengan media yang telah disediakan oleh Universitas Binus Semarang.

Rombongan perwakilan OSIS SMA Sedes Sapientiae Bedono berangkat dari sekolah menuju Binus University Semarang menggunakan bus dengan semangat dan antusias yang tinggi. Sehingga selama perjalanan tercipta suasana yang menyenangkan, walaupun membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam. Setelah perjalanan yang cukup panjang, rombongan tiba di tempat tujuan pada pukul 08.30. Sesampainya di Universitas Binus Semarang, para perwakilan OSIS SMA Sedes Sapientiae Bedono disambut dengan hangat oleh panitia acara. Setelah mendapatkan tiket dan souvenir, semua tamu undangan diharapkan untuk menuju halaman depan Universitas Binus dan mengisi tempat duduk yang telah disediakan. Acara dimulai dengan beberapa sambutan dari rektor Universitas Binus Semarang dan tampilan video mengenai profil Universitas Binus Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan seminar mengenai “Business Zaman Now” bersama Agung Pambudi yaitu SME and Government Manager at impala Network sebagai narasumber. Pada seminar ini dijelaskan berbagai macam bisnis yang berkembang di zaman sekarang dan cara mudah untuk berbisnis dengan baik. Kemudian suasana semakin terasa ketika dibuka sesi tanya jawab, sehingga ada beberapa tamu undangan yang bertanya sekaligus menyampaikan pengalamannya dalam berbisnis. Acara ini berjalan dengan lancar, walaupun sinar matahari kala itu sangat terik dan panas. Agar kenyamanan dalam mengikuti acara tetap dirasakan oleh tamu undangan, maka dibuka stand makanan di halaman bawah dengan beberapa vocher makan dan minum gratis. Sehingga para tamu undangan dapat menukarkan vochernya dan mengisi tenaga sebelum melanjutkan ke acara berikutnya.

Acara yang tak kalah menyenangkan adalah perfomance dari beberapa tamu undangan dan mahasiswa Universitas Binus Semarang. Ada yang menampilkan dance, menyanyikan beberapa lagu, dan lain sebagainya. Kemudian kelompok OSIS dari beberapa SMA dipanggil untuk memasuki ruangan dan mengikuti acara seminar LDK OSIS. Tak hanya SMA Sedes Sapientiae Bedono saja, SMA yang berada di sekitar Semarang turut ambil bagian dalam acara ini. Sehingga dapat saling bertemu dan mengenal lebih dalam satu sama lain. Acara LDK OSIS yang mengangkat tema “Leader and Team Work” bersama dengan Miss Melani pun berjalan dengan baik dan lancar. Dalam sesi pemberian materi diajarkan mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan mampu bekerja dalam tim. Materi yang disampaikan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi Pengurus OSIS di setiap sekolah agar menjadi contoh pelajar yang berkarakter dan cerdas. Untuk memperdalam materi, dilakukan sesi dinamika kelompok. Dinamika kelompok ini diikuti oleh seluruh peserta yang dibagi menjadi tujuh kelompok. Kelompok yang dibentuk berisikan kurang lebih delapan orang yang berasal dari sekolah yang berbeda. Setiap kelompok diberikan tugas untuk bekerja sama merakit sebuah lego membentuk suatu benda atau bentuk yang ada di realita, seperti rumah, menara, dan lain sebagainya. Selain merakit lego, setiap kelompok harus memberikan penjelasan dan makna mengenai simbol yang sudah ditentukan, sehingga dapat mengambil pelajaran yang berharga. Selama 25 menit, setiap kelompok mendiskusikan dan merakit lego secara bersama-sama, sehingga terdapat situasi musyawarah dan pengambilan keputusan untuk menentukan ide. Situasi dinamika kelompok berjalan dengan seru dan lancar, bahkan banyak yang saling menanyakan nama dan mengenal lebih jauh untuk menambah teman baru. Saat waktu presentasi, setiap kelompok berhasil mempresentasikan hasil lego dan maknanya dengan baik. Selain bekerja dalam kelompok, setiap anggota juga diajarkan untuk berani tampil di depan umum dan mengasah kreativitasnya.

Setelah acara selesai, rombongan perwakilan OSIS meninggalkan Universitas Binus Semarang untuk kembali ke sekolah dan rumah masing-masing. Kunjungan perwakilan OSIS ke Universitas Binus Semarang ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga yang akan menjadi bekal untuk menjalani masa depan yang lebih cerah. Tidak hanya mendapatkan ilmu baru, tetapi juga meningkatkan rasa persaudaraan dan semangat dalam menjalankan tugas sebagai perwakilan OSIS di setiap sekolah.


Nama : Fransisca Christania Paska Nugraha
Kelas : XI.2/ Journalist of Sedes Sapientiae



Back to Top