DI RUMAH AJA: KANGENKU DIKARANTINA COVID-19

DI RUMAH AJA: KANGENKU DIKARANTINA COVID-19 BEDONO, Kali ini kulihat wajahmu muram tak merona seakan menyimpan guratan kepedihan. Hari-hari yang biasanya penuh dengan keceriaan, keriuhan, canda, dan gelak tawa seketika menjadi sunyi. Ruang-ruang menjadi kosong, bangku-bangku pun membisu, papan tulis-papan tulis memucat tanpa coretan. Lorong-lorong selasar juga terlihat bersih tanpa jejak sepatu.

Dari Abu Kembali Menjadi Abu

Dari Abu Kembali Menjadi Abu

Perayaan Rabu Abu merupakan awal dari masa pra Paskah yang berlangsung selama 40 hari. Dalam perayaan ini, bagi yang sudah dibabtis secara katolik dan umat kristiani akan menerima abu yang diusapkan di dahi dengan bentuk tanda salib. Dengan abu yang diterima, kita dimateraikan menjadi milik Tuhan sekaligus sebagai tanda bahwa dosa-dosa kita sudah ditebus oleh Tuhan.

Diklat PMR Unit SMA Sedes Bedono

Diklat PMR Unit SMA Sedes Bedono

Pada hari Minggu, 16 Februari 2020, ekstrakurikuler PMR SMA Sedes Sapientiae Jambu melaksanakan acara DIKLAT. (Pendidikan dan Pelatihan) PMR. Anggota PMR mendapatkan ilmu, dan beberapa hal lainnya yang diberikan oleh PMI dari Kabupaten Semarang.

Kembali Meraih Juara

Kembali Meraih Juara

Pada hari Sabtu (08/02/2020) lalu Tim Modern Dance SMA Sedes Sapientiae Bedono mencoba peruntungannya dalam sebuah lomba Dance yang bertempat di SD Marsudirini Salatiga. Dalam perjalanannya, Tim Modern Dance SMA Sedes Sapientiae Bedono akhirnya dapat menggondol piala juara 1. 

1  2  3  4  5  ...  82

CBT 2019 : Raih Sukses Bersama Angkatan 30

08 April 2019

CBT 2019 : Raih Sukses Bersama Angkatan 30
Hari Minggu tanggal 31 Maret sampai dengan Selasa tanggal 2 April 2019, siswa-siswi kelas X SMA Sedes Sapientiae Bedono mengikuti kegiatan Character Building Training (CBT) sebagai kegiatan tahunan yang diadakan SMA Sedes Sapientiae Bedono. Kegiatan CBT kali ini dilaksanakan di Rumah Retret Pangesti Wening, Ambarawa. Walaupun tidak semua siswa dapat hadir dikarenakan alasan kesehatan, acara ini tetap berlangsung lancar dan meriah.
Kegiatan kami selama 3 hari tersebut didampingi oleh Indaya Leadership Company dengan Kak Sandi dan Kak Agung sebagai coach kami. Mereka berdinamika bersama kami dan mengajarkan banyak hal tentang jiwa kepemimpinan untuk meraih kesuksesan. Dengan berbagai permainan kelompok yang seru dan menantang, kami diajarkan langkah-langkah meraih kesuksesan yang dimulai dari diri sendiri. Mereka juga membantu kami dalam menanamkan tekad yang kuat dalam diri untuk berjuang meraih impian. Coach Sandi dan coach Agung mengajarkan kami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan lawan bicara. Kami juga diajarkan tips menjadi pemimpin yang baik melalui 4 level kepemimpinan yaitu lead yourself, follow the leader, lead your team, dan lead your leader.
4 level kepemimpinan tersebut langsung kami praktekkan dalam berbagai permainan. Kami diajak untuk berjalan dengan mata tertutup sambil dituntun oleh 2 orang teman lain untuk sampai di Goa Maria Kerep Ambarawa (GMKA). Sesampainya disana, kami diminta untuk bersosialisasi dan mewawancarai beberapa orang yang kami temui. Hujan yang mengguyur area GMKA tidak menyurutkan semangat kami dalam berdinamika. Dengan menggunakan jas hujan warna-warni kami bermain dragon tail dan berlomba mengangkat salah seorang teman kami hanya dengan menggunakan selembar kertas.
Malam terakhir kegiatan ini kami habiskan dengan sesi renungan malam yang diawali dengan berjalan mengitari kampung sekitar dengan dibekali sebatang lilin yang menyala. Setelah melalui perjalanan tersebut, kami kami berkumpul di lapangan SMP Mater Alma. Disana kami saling berbagi keluh kesah selama kurang lebih 8 bulan bersekolah di SMA Sedes Sapientiae Bedono. Dini hari kala itu, kurang lebih pukul 03.00 kami menutup sesi renungan malam dengan menyanyikan lagu “Kemesraan” dan “Laskar Pelangi” sambil saling merangkul teman-teman yang sudah menjadi bagian dari keluarga kami disini.
Dalam kegiatan CBT kali ini, kami juga bertemu dan berdinamika bersama Bapak Harry Xiao. Beliau adalah seorang motivator yang dulunya adalah seorang atlet sepatu roda. Beliau berbagi cerita tentang perjuangannya semasa menjadi atlet sepatu roda yang penuh dengan latihan dan kerja keras. Beliau membagikan kepada kami 8 pola untuk menjadi orang sukses, yaitu passion, purpose, plan, play, pay, pray, positive, dan presistence yang kemudian diakhiri dengan pause. Bapak Harry mengajak kami untuk membangun pola pikir yang positif dalam menumbuhkan karakter positif dalam diri seorang pemimpin.
Dalam sesi terakhirnya, Bapak Harry mengajak kami menyusun goal pribadi yang disusun berdasarkan aspek “SMARTER”: Specific, Measureable, Achieveable, Realistic, Time Bound, Ethical, and Recorded. Sebagai penutup sesi, beliau mengajak kami menempelkan impian kami pada sebatang pensil dan mematahkan pensil tersebut hanya dengan menggunakan jari telunjuk. Aksi ini dilakukan sebagai simbol impian yang harus kita patahkan oleh diri kita sendiri.
Kegiatan CBT yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini menjadi kegiatan yang berkesan bagi kami. Kegiatan ini menjadi ajang berlatih kepemimpinan dan lebih mengakrabkan diri dengan teman seangkatan. Kegiatan ini juga menjadi tonggak semangat bagi kami, Angkatan 30, dalam melanjutkan perjuangan kami 3 tahun di SMA Sedes Sapientiae Bedono.
Oleh: Agata Hancitta Mahardika
SMA Sedes Sapientiae Bedono Angkatan 30
X MIPA / 01


Back to Top