Mengenal Sekolahku Lebih Dalam

Mengenal Sekolahku Lebih Dalam Hari ketiga MPLS pada hari ini berjalan dengan lancar, namun hari ini cukup berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Sebagian besar acara pada hari ini diisi dengan sesi-sesi. Acara pada hari ini dimulai dengan penyerahan tugas dari MPLA ke MPLS. Dilanjutkan dengan penyampaian sesi oleh para narasumber. Sesi pada hari ini dibagi menjadi 4 materi, seperti kesiswaan, administrasi, ekstrakulikuler, dan tata krama etika 

MPLS 2019 hari kedua

MPLS 2019 hari kedua Hari pertama telah selesai, kini waktunya kita menjalankan kegiatan MPLS hari kedua. Hari kedua kami awali dengan upacara bendera. Walau sedikit terlambat, tapi upacara dapat berlangsung dengan lancar. Pada upacara ini, kepala SMA Sedes Sapientiae membuka acara dengan penyematan kartu tanda pengenal kepada dua perwakilan siswa baru. Selanjutnya para siswa baru diarahkan ke sekolah untuk mengikuti kegiatan tes penjurusan, dan ditutup dengan sesi Visi dan Misi SMA Sedes Sapientiae Bedono. 

Teman Baru di MPLS 2019

Teman Baru di MPLS 2019

Hari pertama MPLS sudah berlangsung. Mereka sekarang memasuki tahap baru dimana para siswa harus meninggalkan kedua orangtuanya untuk sementara waktu, harus meninggalkan segala bentuk alat komunikasi, tidak sebebas seperti dahulu, dan harus belajar menjadi orang yang mandiri dan disiplin.
Acara ini  dimulai pukul 07.00 namun siswa sudah mulai bermunculan sejak pukul 04.30. Tidak seperti tahun lalu, acara MPLS tahun ini berjalan dengan lancar. Tidak ada hambatan yang begitu berarti sehingga acara dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Jumlah siswa/i yang masuk juga lebih banyak dari pada tahun ajaran 2018/2019.

Rela Pulang Cepat untuk MPLS

Rela Pulang Cepat untuk MPLS

Dalam rangka menyambut masa MPLS pada tanggal 10-15 Juli 2019. Para pengurus OSIS sudah menyiapkan banyak hal loh! Mulai dari mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk MPLS, hingga membersihkan lingkungan sekolah

1  2  3  4  5  ...  74

Membentuk Program Kerja yang Visioner

25 January 2019

Membentuk Program Kerja yang Visioner
Bandungan, Kamis (24/1)  LDK hari kedua ini diawali dengan senam pagi yang dilakukan oleh para calon pengurus OSIS SMA Sedes Sapientiae Bedono masa jabatan 2019/2020 pada pukul 05.00, bertempat di halaman depan Griya Assisi, Bandungan. Kemudian seluruh calon pengurus OSIS melaksanakan doa pagi bersama di kapel, yang dipimpin oleh Bpk. Alb. Hendra Setiawan, dilanjutkan dengan doa pribadi.
Pada hari ini terdapat beberapa sesi diantaranya, sesi Memahami Struktur Kepengurusan OSIS dan Job Description Pengurus OSIS yang dibawakan oleh H. Rackhmad.K.A. di sesi ini Beliau menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan program kerja, diantaranya tujuan, latar belakang, menenentukan acara, sasaran yang mengikuti dan bertanggung jawab, waktu dan tempat, gambaran acara, membuat proposal dengan estimasi anggaran, sosialisasi, dan yang terakhir pelaksanaan program kerja serta penanggung jawabannya.
Kemudian dilanjutkan dengan Dinamika kelompok 2 yaitu membangun team work dilanjutkan dengan refleksi dan penegasan dinamika kelompok 2 oleh Bpk. St. Bayu Krisna Murti. Beliau menayangkan beberapa video yang berhubungan dengan kerja sama dengan tujuan membangun kerja sama diantara para calon pengurus OSIS. Tujuan ini diwujudkan dengan dinamika kelompok dalam devisi masing-masing dengan membuat menara dari sedotan plastik yang dapat berdiri sendiri tanpa direkatkan dengan perekat, digunting, maupun diberi penyangga. Setelah selesai menara dari masing-masing devisi dihubungkan satu sama lain. Kegiatan ini bertujuan agar para calon pengurus OSIS memiliki fondasi yang kuat, dan dapat bekerja sama satu sama lain.
Sesi selanjutnya adalah Menyusun Program  Kerja Pengurus OSIS dan Praktek Menyusun Program Kerja oleh Bpk. Widyo Nugroho. Beliau menyatakan “Harus ada pandangan OSIS yang visioner/ kedepan. Harus membuat pembeda dengan ruang lingkup yang besar” Beliau juga mengarahkan bagaimana caranya membuat program kerja rutin dan visioner. Beliau menambahkan, “program kerja visioner harus mampu menjawab visi dan misi sekolah.” Pada sesi ini setiap devisi membuat program kerja visioner dan rutin.
Lalu sesi terakhir yaitu, Merealisasikan Program Kerja dan Penyusunan Proposal oleh, Bpk. St. Bayu Krisna Murti. Dalam sesi ini para calon pengurus OSIS, dibimbing untuk dapat membuat proposal secara sistematis. Dalam proposal yang sistematis, terdapat 3 bagian yakni, pendahuluan yang terdiri dari latar belakang dan tujuan. Lalu pada bagian kedua adalah rencana kegiatan yang terdiri dari jenis dan tema kegiatan, target kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, susunan kepanitiaan, susunan acara, dan anggaran dana. Kemudian di bagian terakhir terdapat penutup proposal.  LDK hari kedua ini berakhir pada pukul 23.30 dan dilanjutkan dengan tidur malam
Oleh : Gabriella T.W (DETIK BARIS)


Back to Top